Wisata Malino Sulsel | Tempat Wisata di Makassar

Wisata Malino Sulsel salah satu tempat wisata pegunungan di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

tempat-wisata-malino-kebun-teh-graphic

Anda suka berlibur ke tempat wisata pegunungan? Puncak Malino adalah salah satu pilihan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi bila sedang berada di Makassar.

Persiapan ke Wisata Malino Sulsel

Saya dan keluarga kebetulan telah berlibur ke  Obyek Wisata Malino di penghujung bulan maret 2016. Pada hari Jumat sehari sebelum kami pergi ke Puncak Malino, dua orang dari anggota keluarga kami lebih dulu kesana untuk survei dan mencari villa di Malino yang nyaman untuk disewa karena kami khawatir tidak mendapatkan villa bila tidak memesan sebelumnya.

Wisata Malino Sulsel

Akhirnya kami mendapatkan sebuah villa sederhana yang memiliki empat kamar tidur, ruang tamu yang cukup luas, dapur yang spacious lengkap dengan peralatan memasak dan 1 kamar mandi (ada 1 kamar mandi  lagi milik pemilik villa yang tinggal di lantai bawah yang bisa digunakan saat darurat). Sayang sekali salah satu fasilitas villa yaitu tv sedang rusak.

Tips Memilih Villa di Malino

  • Pilihlah villa di sebuah lokasi yang tidak rawan longsor. Villa yang berada di lereng dengan sudut kemiringan diatas 20 derajat atau tepat di sekeliling villa terdapat gundukan tanah dengan ketinggian melebihi tinggi villa itu sendiri sebaiknya di hindari.
  • Ada villa dimana di bawah dari bagian belakang bangunan villa itu adalah tepian jurang. Villa yang seperti ini memang memiliki pemandangan yang menakjubkan tapi cukup mengerikan bagi sebagian orang.
  • Tanyakan kepada pemilik villa apakah fasilitas air di villa mengalir setiap saat atau ada waktu tertentu air akan mengalir sehingga ada dapat memperkirakan kebutuhan air dan tidak kehabisan air sampai air mengalir kembali.
  • Kemampuan negosiasi sangat diperlukan untuk mendapatkan harga termurah pada villa-villa tertentu.

wisata-malino-gowa-view-dari-sebuah-villa-image

Jaket atau sweeter adalah satu perlengkapan yang tidak lupa kami bawa karena di malam hari, di pagi hari dan di sore hari suhu udara di wisata malino Gowa sangat dingin apalagi saat turun hujan. Tidak lupa juga membawa pasta gigi dan odol. Ternyata menggosok gigi dengan air pegunungan yang dingin lebih ampuh untuk merontokkan plak-plak yang melengket di gigi (menurut pengamatan saya sendiri).

Tidak lupa juga kami membawa colokan listrik T karena biasanya di Villa jumlah colokan listrik sangat terbatas. Snack, mie instan, minuman, minyak goreng, beras, sambal dan kecap botol dan lain lain juga kami bawa dari rumah karena lebih murah bila di bandingkan dengan membeli di toko-toko di tempat wisata Malino Gowa. Kecuali sayuran tidak perlu dibawa dari rumah karena agrowisata malino adalah daerah penghasil sayuran sehingga harga sayuran di daerah ini lebih murah.

Pada hari Sabtu pagi, semua perlengkapan sudah siap kami bawa termasuk makanan siap saji (rawon, ayam goreng tumis kecap) untuk makan siang di Villa di objek wisata Malino.

Perjalanan ke Wisata Malino dari Makassar

Untuk menuju wisata alam Malino Sulsel dari Makassar dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil. Bagi yang menyukai kecepatan, waktu tempuh dapat dipersingkat menjadi 1,5 jam. Meskipun begitu, selama perjalanan ke tempat wisata alam Malino perlu hati-hati karena kondisi jalan saat turun hujan akan licin serta banyaknya tikungan, turunan dan tanjakan. Pada akhir pekan bisa jadi akan banyak kendaraan baik yang menuju atau yang meninggalkan daerah Malino sera truk-truk roda 6 dan 10 yang mengangkut material bahan bangunan.

Belum ada transportasi umum dari Makassar menuju Malino sehingga Anda harus membawa kendaraan sendiri atau Anda dapat menggunakan jasa rental mobil untuk Anda sewa.

Setelah meninggalkan Makassar dan memasuki wilayah Gowa terutama Jalan Poros Malino, setidaknya kita akan melewati 2 tempat wisata yaitu Wisata Kebun Gowa dan Bili Bili Resort.

bili-bili-resort-gowa-makassar-graphic

Bili Bili Resort adalah sebuah kawasan bendungan yang terbesar di Sulawesi Selatan yang memiliki pemandangan yang eksotis seperti gambar di samping. Terdapat lokasi wisata kuliner di tepi bendungan Bili Bili yaitu lesehan Bili Bili yang menjual kuliner khas Bili Bili ikan nila baik ikan nila bakar maupun goreng lengkap dengan sayur dan sambal rica rica.

Lesehan Bili Bili adalah persinggahan kami berikutnya setelah pulang dari lokasi wisata malino untuk makan malam.

 

Villa di Wisata Malino SulSel

Begitu memasuki kota wisata Malino dan menyusuri jalan utama Malino, kita akan melihat wisma, penginapan wisata Malino Sulsel, hotel dan villa yang berjejer di pinggir Jalan. Akan tetapi Villa tidak saja  kita jumpai di sekitar jalan utama akan tetapi tersebar di hampir seluruh kawasan Malino dimana jaraknya dari jalan utama bisa sampai beberapa kilo meter. Beberapa villa di Malino yang pernah kami tempati di antaranya Villa Ariandi dekat wisata  kebun teh Malino, sebuah villa dekat Wisata Malino Highlands, Villa Lembah Biru (dari pertigaan jalan utama belok ke kiri), Villa di sekitar Taman Berkuda Hutan Pinus, Villa dekat Wisata Air Terjun Seribu Tangga Malino dan sebuah Villa di jalan menuju Wisata Air Terjun Takapala Malino.

wisata-malino-gowa-kebun-sayur-image

Tempat-Tempat Menarik di Wisata Malino SulSel

Setelah kami sampai di villa pada siang di hari Sabtu, kami semua beristirahat sejenak, merebahkan badan, mandi, makan siang, sholat. Sungguh sangat segar sekali ketika mandi di siang hari dengan air yang ada di villa. Airnya dingin sekali !

Pada sore hari pukul 15.30 kami memutuskan untuk mengunjungi taman wisata hutan pinus. Memasuki gerbang wisata hutan pinus tiap pengunjung wajib beli karcis seharga Rp. 3.000,- per orang. Di area hutan pinus ini pengunjung biasanya menyewa kuda untuk ditunggangi menuju dataran yang lebih tinggi dan kembali lagi ke pangkalan kuda. Pengunjung juga dapat menyewa permainan flying fox. Selain itu, yang dapat dilakukan pengunjung disini tentu saja berselfie ria.

wisata-malino-makassar-graphic1

Setelah puas menunggang kuda dan bermain flying fox, kami memutuskan untuk kembali ke villa tetapi di dalam perjalanan kami singgah ke pasar sentra Malino untuk membeli sayuran diantaranya kentang, wortel, brokoli, kubis dan tomat.

wisata-malino-sulawesi-selatan-oleh-oleh-khas-malino-image

wisata-malino-sulawesi-selatan-oleh-oleh-malino-image

wisata-malino-sulsel-buah-dan-sayur-di-pasar-sentral-malino-image

Rencana selanjutnya untuk kegiatan di keesokan hari yaitu hari Minggu pagi adalah ke wisata  kebun teh Malino dan Wisata Malino Highlands. Dan rencana di siang hari di hari Minggu adalah menuju salah satu dari dua wisata air terjun yaitu Wisata Air Terjun Seribu Tangga Malino dan Wisata Air Terjun Takapala Malino.

Baca juga :

Tempat wisata Malino Sulsel.