Program Hamil Holistic

Apa Itu Program Hamil Holistic

Pendekatan atau program hamil holistic memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Melibatkan semua aspek individu yaitu tubuh, pikiran dan jiwa. Ketika kita berbicara tentang kesehatan, kita sering beranggapan bahwa kesehatan hanya terkait dengan tubuh dan olah raga serta gizi. Akan tetapi sebenarnya pikiran dan emosi juga memegang peran penting. Selain itu, reaksi kita terhadap stress, terhadap suatu hubungan dan terhadap suatu dukungan juga dapat berpengaruh. Dan faktor yang terakhir adalah faktor spritual yang agak sulit untuk digambarkan. Kita semua memiliki aspek spiritual meskipun terkadang sulit bagi sebagian orang untuk merasakan aspek spritual dan mengembangkannya. Salah satu cara untuk merasakan kehadiran aspek spiritual adalah dengan memperhatikan tempat-tempat dimana kita pernah berada, waktu-waktu yang pernah kita lalui atau hal-hal yang pernah kita alami dimana semua itu memberikan kita kedamaian.Seseorang yang sedang Hamil Holistic dapat merasakan dampak dari pikiran dan jiwa serta kondisi tubuh. Kesehatan tubuh, nilai-nilai kehidupan dan kepercayaan terhadap Tuhan, hubungan dengan sesama, emosi dan spritual semuanya dapat memberikan pengaruh pada kehamilan. Dan pada gilirannya kondisi yang sedang hamil dan mempengaruhi tubuh, pikiran dan jiwa.
  2. Pendekatan holistic untuk kehamilan juga mengakui bahwa tubuh wanita secara alami dirancang untuk hamil, memelihara, dan melahirkan bayi.
  3. Pendekatan holistic untuk kehamilan dan persalinan termasuk “penggunaan terapi alternatif dan komplementer untuk mencegah atau mengobati ketidaknyamanan umum dan komplikasi kehamilan, dengan cara yang konsisten dengan sistem kepercayaan pasien.
  4. Pendekatan holistik menggabungkan semua aspek yang ada pada diri Anda dan semua yang Anda tahu tentang kehamilan dan persalinan. Anda dan tim yang memberikan Anda dukungan mengenali kemampuan bawaan Anda dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Anda sengaja membuat pilihan yang untuk memaksimalkan potensi Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat dan perkembangan yang paling alami.

 

Mengapa saya Harus Pertimbangkan Pendekatan Holistik untuk Kehamilan dan Melahirkan?

Kehamilan dan persalinan tidak hanya peristiwa fisik, tetapi jauh lebih dari itu – kehamilan dan persalinan mewakili transisi besar dalam hidup. Perubahan yang terjadi dengan kehamilan dan persalinan mempengaruhi seluruh hidup Anda: identitas Anda, hubungan Anda, nilai-nilai Anda, dan keyakinan Anda. Jadi masuk akal untuk mempertimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa selama kehamilan Anda dan persalinan.

Anda mungkin bertanya-tanya: Apa yang akan membantu saya memiliki kehamilan yang sesehat mungkin? Bagaimana saya bisa mencapai yang terbaik untuk kesehatan fisik dan emosional dan kesejahteraan? Bagaimana saya bisa meningkatkan peluang saya untuk perkembangan alami dari persalinana? Membaca tentang pendekatan holistik akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Apa manfaat fisik dari pendekatan holistik?

Pendekatan holistik dapat membantu Anda memaksimalkan kesehatan fisik Anda dan meminimalkan ketidaknyamanan umum saat hamil. Diet sehat dan olahraga dapat membangun dasar yang kuat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa banyak terapi komplementer dan praktek (misalnya, pijat atau akupunktur untuk nyeri punggung bawah) menawarkan kenyamanan dengan rendahnya risiko efek samping yang tidak diinginkan.

Apa manfaat emosional dari pendekatan holistik?

Sebagian besar keluarga menyambut kelahiran bayi dan Anda mungkin menyaksikan bahwa orang-orang di sekitar Anda mengharapkan Anda untuk menjadi bahagia saat ini. Namun, kebanyakan wanita juga memiliki periode ambivalensi, kecemasan atau emosi yang naik turun selama kehamilan. Setelah semua itu terjadi, selanjutnya memiliki bayi merupakan sebuah perubahan besar, dan ini bisa menimbulkan stres baru. Penting untuk mengenali emosi dan menemukan strategi untuk membantu Anda mengurangi stres dan mengatasinya dengan cara yang sehat.

Wanita hamil yang berlatih yoga dapat membantu mengatasi stress dengan baik, akan mengalami kedamaian pikiran yang lebih baik, dan juga mengurangi efek bahaya dari stres. Mengurangi stres dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, membantu pencernaan Anda, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan kemampuan Anda untuk mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Semua ini sangat penting selama kehamilan.

(Sumber : http://www.takingcharge.csh.umn.edu)

Baca juga : Model Baju Hamil Terbaru

dokter-kandungan-image

Program Hamil Holistic.