CARA MENJADI RESELLER DROPSHIP YANG SUKSES

Cara menjadi reseller dropship yang sukses

Cara menjadi reseller dropship yang suksesUntuk sukses dibidang apapun, kunci utamanya adalah dengan menguasai ilmu dan mampu mempraktekkan ilmu tersebut. Sebagai contoh, Anda ingin sukses sebagai teknisi laptop maka kuncinya adalah menguasai ilmu yang berhubungan dengan laptop diantaranya adalah ilmu elektronika, mengerti fungsi dan cara mengukur komponen-komponen elektronika, mengerti skema, mengerti dan bisa menggunakan peralatan seperti PSU, Solder, BGA, Blower, Multimeter dan lain-lain, tahu cara bongkar dan pasang komponen laptop, bisa menganalisa kerusakan, bisa melakukan pengukuran pada komponen yang rusak, bisa angkat dan pasang kembali komponen, dan lain-lain.




Oleh karena itu, agar menguasai ilmu dan ketrampilan tertentu kita harus menemukan mentor yang tepat dimana biasanya mentor tersebut juga memiliki buku panduannya. Seorang mentor yang rela memberikan buku panduannya baik secara gratis maupun membayar dan seorang mentor yang mau membantu Anda sehingga Anda memiliki ilmu dan skill seperti yang Anda inginkan. Setelah mendapatkan buku panduan dan mentor, langkah selanjutnya adalah fokus untuk belajar dan mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.

Untuk mendapatkan ilmu dan skill terkadang menuntut Anda untuk berinvestasi atau mengorbankan sejumlah dana tetapi jangan menghindar dari ilmu dan skill yang telah Anda tetapkan untuk Anda kuasai. Kalau Anda tidak bisa mendapatkan ilmu dan skill tersebut secara gratis maka Anda harus berani untuk mengeluarkan dana atau berinvestasi untuk mendapatkan ilmu dan ketrampilan tertentu dan yakinlah dana yang Anda keluarkan secara positif tidak akan sia-sia. Suatu saat nanti dana tersebut akan kembali berlipat-lipat. Saya telah mengalami dan mempercayai akan hal ini.

Seorang teman telah berinvestasi 5 hingga 10 juta untuk menguasai ilmu dan skill servis laptop dan mengeluarkan dana lagi hingga 30 juta untuk membeli alat dan beli tempat untuk buka usaha servis laptop. Berapa penghasilan dia dalam 1 bulan? 30 hingga 50 juta dalam 1 bulan. Dana yang telah dia investasikan untuk ilmu dan skill telah kembali dan akan memberikan penghasilan seterusnya karena ilmu dan skill yang telah dia kuasai.

Begitu juga bila Anda ingin sukses sebagai seorang dropshipper maka Anda harus menguasai cara menjadi reseller dropship yang sukses. Yaitu Anda harus mengusai ilmu dan skill yang dibutuhkan oleh seorang dropshipper yang sukses, Anda harus memiliki buku panduan bisnis dropshipping dan ada mentor yang membimbing Anda atau mentor sebagai tempat untuk bertanya ketika Anda mengalami kesulitan.

Nah, dibawah ini adalah sebuah buku panduan yang pdf yang dapat Anda pelajari dan kuasai. Bila Anda sudah menguasai panduan dibawah ini maka Anda akan tahu bagaimana cara dropship dari tokopedia, cara dropship di bukalapak, cara dropship di shopee, cara dropship di instagram, cara dropship di lazada dan di situs market place lainnya.

Anda juga mestinya akan tahu cara kerja sistem dropship, cara bergabung menjadi reseller dropship, cara memasarkan produk dropship serta cara-cara untuk melakukan promosi atau cara membuka lapak baik situs sendiri maupun di situs market place.

Klik saja banner diatas bila Anda ingin mendapatkannya. Secara umum, gambaran usaha dropship adalah seperti gambar dibawah ini :

cara-menjadi-dropship-online-shop-imageCara kerja reseller dropship

Penjelasannya kurang lebih seperti ini : Pertama Anda harus menemukan supplier tempat Anda mengambil barang-barang untuk Anda jual. Sebentar lagi akan saya kasih tahu salah satu supplier dimana Anda dapat bergabung untuk mengambil barang untuk Anda jual.

Kedua, jual atau promosikan salah satu atau beberapa produk yang Anda pilih di situs suplier. Anda dapat menjual atau mempromosikan produk tersebut di website/blog milik Anda sendiri, atau Anda dapat mempromosikan lewat situs media social seperti facebook, twitter,instagram atau Anda dapat mempromosikan atau menjual di situs market place seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Ketiga dan keempat, Anda akan menerima pembayaran dari pembeli dimana pembayaran dari pembeli tersebut setelah Anda kurangi keuntungan, Anda setor ke Suplier dan Suplier akan mengirim barang ke nama dan alamat yang Anda berikan. Jika Anda mendapatkan pembeli dari situs Tokopedia atau Bukalapak maka Anda terlebuh dulu mengirim pembayaran ke Suplier menggunakan uang Anda dulu karena sistem di kedua situs market place tersebut adalah Anda akan menerima pembayaran dari kedua situs marketplace tersebut ketika pembeli sudah menerima barang yang dipesan lewat Anda.

Kelima, ketika supplier sudaj menerima pesanan dan pembayaran dari Anda, suplier akan langsung mengirim barang ke alamat yang Anda berikan dalam hal ini adalah alamat pembeli Anda. Itulah gambaran cara kerja reseller dropship.

Di bawah ini adalah  salah satu situs supplier yang saya janjikan tadi, Anda dapat langsung bergabung dengan mengklik bannernya.


Produk-produk yang ada di suplier diatas kebanyakan adalah produk luar negeri yang laku dijual di Indonesia. Setelah Anda bergabung dan resmi menjadi anggota sesuai dengan persyaratan, akan mendapatkan harga khusus sebagai reseller atau dropshipper yang tentu saja harganya lebih murah. Meskipun begitu Anda masih bisa menaikkannya lagi harga jualnya sesuai dengan keinginan Anda untuk meningkatkan profit.

Selain dapat Anda pasarkan secara dropship, produk-produk di suplier diatas dapat juga Anda pasarkan secara langsung atau secara offline.

Cara menjadi reseller online shop dropship

Setelah Anda mengerti dan menguasai cara kerja reseller dropship dan sudah bergabung di situs suplier, selanjutnya Anda dapat mencoba untuk buka lapak di beberapa situs dibawah ini :

Saya kelompokkan situs menjadi dua berdasarkan sistem transaksinya. Group pertama adalah situs-situs yang menerapkan sistem transaksi langsung antara penjual dan pembeli. Situs tidak terlibat dalam transaksi. Di dalam group ini ada OLX dan INDONETWORK serta situs-situs lain yang tidak penulis sebutkan disini. Pada situs OLX  gambaran sistim transaksinya adalah seperti ini :

Dari sisi penjual :

  1. Penjual menyiapkan barang yang akan dijual
  2. Penjual pasang iklan di OLX
  3. Penjual menunggu telpon dari pembeli

Dari sisi pembeli :

  1. Pembeli mencari barang yang akan di beli di OLX
  2. Pembeli memeriksa detail barang yang akan di beli dan keberadaan penjual
  3. Pembeli menelpon penjual untuk negosiasi atau transaksi

Dengan sistim yang seperti ini pembeli akan berhati-hati dan ingin memastikan apakah kondisi barang sesuai dengan gambar dan sesuai dengan yang dijelaskan pada diskripsi. Pembeli juga ingin kepastian agar setelah pembayaran dilakukan melalui transfer, barang tersebut akan diterima oleh pembeli. Yang lebih aman tentunya adalah antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan bertransaksi di tempat yang aman. Ada barang ada uang.

Sebelum memajang jasa atau produk Anda di OLX, bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut seperti misalnya barang atau jasa apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dijual dan ketentuan-ketentuan lainnya.

Untuk memajang barang atau produk Anda di OLX Anda dapat langsung mengklik menu Pasang Iklan, tetapi penulis lebih suka mendaftar dulu dengan cara mengklik menu Akun Saya lalu klik Daftar. Setelah berhasil mendaftar dan login, kemudian klik Pasang Iklan.

Agar iklan Anda di OLX muncul di halaman pertama Google, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pilihlah kategori yang sesuai dengan jasa atau produk Anda dan carilah terlebih dulu kata kunci yang berhubungan dengan jasa atau produk Anda. Semakin rendah tingkat kompetisi dari kata kunci yang Anda dapatkan maka iklan Anda akan semakin mudah muncul di halaman pertama Google. Setelah Anda menemukan kata kunci yang sesuai dengan jasa atau produk yang akan Anda jual, isilah judul iklan Anda dengan kata kunci tersebut dan buatlah diskripsi sepanjang mungkin yang mengandung kata kunci serta berilah nama file pada gambar yang akan Anda upload dengan nama kata kunci tersebut.

Contoh, misalnya saya akan menjual jasa pasang antena tv di Makassar dan kata kunci yang penulis pilih adalah jasa pasang antena tv di makassar (sebagai kata kunci primer) dan ahli pasang antena tv di makassar (sebagai kata kunci sekunder). Maka gambar antena yang akan penulis upload akan penulis beri nama file jasapasangantenatvdimakassar.jpg. Dan judul iklannya adalah jasa pasang antena tv di makassar. Diskripsi iklannya adalah Ahli pasang antena tv yang menyediakan jasa pasang antena tv di Makassar. Antena tv kami rancang sendiri, simpel, cukup dipasang dengan ketinggian maksimum 6 meter, tampilan siaran tv channel lokal bisa jernih. Sangat menjengkelkan memang bila menonton tv tapi tampilan siaran tv tidak jernih, tidak stabil alias goyang-goyang apalagi kalau ada channel favorit yang tidak muncul atau muncul dengan tampilan kabur……

Hasilnya, iklan tersebut berada di halaman pertama Google untuk kata kunci jasa pasang antena tv di Makassar.

bagaimana-cara-menjadi-reseller-dropship-image

Group kedua adalah situs-situs yang menerapkan sistem transaksi melalui perantara dalam hal ini perantaranya adalah situs-situs itu sendiri. Di dalam group ini ada BUKALAPAK dan TOKOPEDIA serta situs-situs lain yang tidak penulis sebutkan disini. Pada situs TOKOPEDIA, gambaran sistim transaksinya adalah seperti ini :

Dari sisi penjual :

  1. Penjual menyiapkan barang yang akan dijual
  2. Penjual pasang iklan di TOKOPEDIA
  3. Penjual mengirim barang ke pembeli bila ada yang beli melalui TOKOPEDIA
  4. Penjual menerima pembayaran dari TOKOPEDIA

Dari sisi pembeli :

  1. Pembeli mencari barang yang akan di beli di TOKOPEDIA
  2. Pembeli memeriksa detail barang yang akan di beli
  3. Pembeli melakukan pembayaran ke TOKOPEDIA pada barang yang dibeli
  4. Pembeli menunggu barang yang dikirim oleh penjual

Bagi saya, sistim ini lebih aman untuk pembeli karena pembeli melakukan pembayaran ke TOKOPEDIA dan TOKOPEDIA akan mengembalikan uang pembeli bila dalam jangka waktu yang telah ditentukan, pembeli tidak menerima barang yang dibeli dengan kata lain dalam jangka waktu yang telah ditentukan, penjual tidak mengirim barang ke pembeli.

Untuk berjualan online, Anda dapat memulai dari satu situs toko online dulu misalnya TOKOPEDIA, pelajarilah dengan seksama situs ini sebelum menggunakannya, bacalah semua menu yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan berjualan di TOKOPEDIA. Setelah Anda paham dan memiliki gambaran secara menyeluruh mengenai situs ini, Anda dapat mulai membuka toko di situs ini dengan mendaftar terlebih dulu (mengklik menu daftar).

Langkah-langkah berikutnya cukup mudah karena situs ini dirancang sedemikian rupa sehingga meskipun seorang pengunjung yang baru pertama kali  menggunakan situs ini tidak akan mengalami  kesulitan dalam mengikuti petunjuk yang diberikan. Saya tidak akan mengupas terlalu mendalam mengenai cara berjualan disitus ini karena menu-menu yang ada pada situs ini sudah cukup lengkap dan jelas. Saya hanya ingin memberikan penekanan pada pemilihan nama toko, pemilihan kategori, pengisian slogan dan diskripsi.

Bila Anda memiliki toko di dunia nyata atau hanya sebagai reseller atau dropshipper dan ingin membuka toko online di TOKOPEDIA, Anda dapat mengisi kotak nama toko dengan nama toko Anda (bila Anda ingin brand toko Anda menguat) atau Anda dapat menggunakan kata kunci primer dari produk Anda sebagai nama toko Anda  (nama toko di situs ini hanya 16 karakter). Pilihlah kategori yang sesuai dengan barang Anda. Buatlah slogan dan diskripsi yang mengandung kata kunci Anda. Ini dilakukan agar toko Anda mudah ditemukan oleh para pengguna internet yang sedang mencari barang yang Anda jual.

Saya sering mendapati situs-situs dalam group pertama muncul di halaman pertama Google secara alami untuk kata kunci-kata kunci tertentu. Sedangkan situs-situs dalam group kedua muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci-kata kunci tertentu dalam bentuk iklan. Situs yang berada di halaman pertama Google memiliki potensi besar untuk dikunjungi oleh para pengguna internet.

Cara menjadi reseller dropship yang sukses.