Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan

Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan
Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan

 

Saya setuju dengan sebuah statement yang mengatakan bahwa marketing adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Sebuah produk atau jasa yang baru dilaunching oleh ownernya tidak akan dikenal oleh orang lain / calon konsumen tanpa melalui kegiatan marketing. Teorinya adalah sales atau penjualan sama dengan atau berbanding lurus dengan jumlah orang yang mengetahui/mengenal produk/jasa yang kita miliki. Semakin banyak orang yang tahu tentang benefit produk/jasa kita maka akan semakin besar probabilitas terjadinya sales/penjualan. Yang lebih spesifik lagi adalah semakin banyak orang yang membutuhkan suatu benefit tertentu dari sebuah produk/jasa yang tahu bahwa produk/jasa kita dapat memberikan benefit yang mereka cari maka akan semakin besar pula probabilitas terjadinya penjualan.

 

Diantara cara-cara marketing untuk meningkatkan penjualan yang umumnya dilakukan oleh orang-orang diluar sana, ada satu cara jitu yang diabaikan oleh mereka yaitu membangun, memaintain, mengolah dan memfollow up database.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop, Bisnis Online, Baju Online, Website, Produk Online, Olshop

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume omzet penjualan online shop atau toko online diantaranya adalah pertama mempromosikan website toko online tersebut dengan berbagai cara untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pengunjung website misalnya SEO untuk mendapatkan pengunjung organik dari Google, pasang iklan di Google Adwords, pasang iklan di situs-situs iklan dan promosi di media social. Landing page dari website yang digunakan untuk kegiatan promosi tersebut  dipasangi dengan form untuk menjaring email dari pengunjung website. Ada dua yang di harapkan dari kegiatan promosi ini yaitu memperkenalkan website kita dan produk-produk di dalamnya dan menjaring email dari pengunjung website. Setelah jumlah email yang terjaring cukup banyak ribuan hingga ratusan ribu, maka data base yang berupa email ini selanjutnya di follow up secara berkala melalui STRATEGI EMAIL MARKETING YANG JITU. Yang kedua yaitu dengan membuat sistem affiliasi/dropshipper/reseller. Semakin banyak pasukan affiliasi/dropshipper/reseller yang bergabung maka promosi website kita akan mengalami peningkatan tajam begitu juga dengan probabilitas terjadinya penjualan.

Cara Bagaimana Meningkatkan Omzet Penjualan Toko Offline

Apakah selama ini Anda mendapatkan nomor handphone dan alamat email dari para pembeli di toko Anda? Jika belum, sebaiknya mulai dilakukan. Karena, bagaimana untuk memberitahu ke mereka kalau toko Anda sedang ada diskon, promo atau ada barang baru? Pembeli baru digabungkan dengan pembeli lama yang mau beli lagi tentu akan lebih bagus dari pada hanya mengandalkan pembeli baru sedangkan pembeli lama Anda sudah lupa karena tidak mendapatkan data mereka.

Cara Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel
Bagi yang belum melakukan ini sebaiknya segera melakukannya yaitu mendaftarkan hotel Anda di beberapa situs hotel seperti Agoda, PegiPegi, KlikHotel, Hotels, TripAdvisor dan situs-situs hotel yang lain. Situs-situs hotel tersebut memiliki traffic yang banyak dan juga melakukan promosi yang gencar. Melakukan market research untuk mencari keyword yang berhubungan dengan hotel dimana keyword tersebut masih memiliki kompetisi yang rendah, selanjutnya membuat artikel yang berisi topik keyword yang sudah Anda dapatkan dan mensubmit artikel tersebut di blog/website hotel Anda maupun di forum yang berhubungan dengan hotel dan tempat wisata. Keyword dengan tingkat persaingan rendah seperti misalnya hotel dekat bandara kota Anda, hotel di kota Anda dengan kolam renang, promo hotel di kota Anda dan lain-lain. Setiap tamu yang menginap di hotel Anda, dapatkan nomor handphone dan emailnya. Setelah database nomor handphone dan email cukup banyak, Anda dapat memfollow up database tersebut dengan memberikan informasi promo dan lain lain. Jasa sms blast dari perusahaan telekomunikasi juga dapat Anda pergunakan bila database nomor handphone Anda masih sedikit.

 

Cara Meningkatkan Penjualan Rumah, Property
Cara meningkatkan penjualan rumah atau properti adalah dengan meningkatkan kegiatan marketing diantaranya sebar brosur baik melalui pameran atau kanvasing door to door, pasang iklan di koran, pasang iklan di situs-situs iklan property, mengundang prospek untuk mengikuti gathering, menitipkan rumah atau property ke agen-agen property. Tujuan dari kegiatan marketingi diatas selain untuk menjual rumah atau property itu sendiri adalah untuk mendapatkan data nomor hand phone dan alamat email. Database yang terkumpul selama kegaiatan marketing selanjutnya di olah untuk di follow up secara rutin. (Baca juga : Cara menjual rumah online lewat internet secara gratis)

 

Cara Meningkatkan Penjualan Warung Makan, Usaha Makanan, Restoran, Rumah Makan, Cafe, Bakso
Ada dua kelompok target kustomer yaitu kustomer di dunia nyata dan kustomer di dunia maya. Untuk menarik kustomer di dunia maya ke warung atau restoran atau rumah makan Anda maka harus memiliki representasi di dunia maya berupa website/blog, facebook page, twitter, instagram dan media social lainnya yang aktif dimana sebelumnya Anda telah melakukan riset pasar online yang cocok dengan warung atau restoran atau rumah makan Anda. Informasi yang perlu disampaikan di blog atau media social diantara adalah daftar menu, menu baru, menu favorit, promo dan adanya jasa layanan pesan antar serta fasilitas/layanan menarik lainnya. Membuka cabang-cabang baru juga dapat meningkatkan omzet penjualan. Dan yang lebih penting adalah rasa, tampilan, dan harga dari makanan dan minuman yang dijual serta kebersihan dan kenyamanan tempat makan. Promo diskon dengan bekerjasama dengan bank/kartu kredit.

 

Cara Meningkatkan Penjualan Air Galon, Air Minum, Air Isi Ulang

Sebagian orang tidak memperdulikan kualitas air minum isi ulang yang diproduksi dalam skala kecil oleh rumah tangga, asalkan harganya murah dan rasanya normal mereka akan membelinya. Ada juga sebagian orang yang tidak mau sama sekali meminum air isi ulang karena meragukan kualitas airnya. Untuk meningkatkan penjualan maka kedua jenis konsumen ini harus diraih. Ada beberapa cara diantaranya yaitu air minum isi ulang harus mendapatkan surat izin dari BPOM untuk membuktikan bahwa air minum isi ulang layak untuk diminum, berkualitas dan tidak mengandung sedikitpun bakteri atau zat kimia/mineral yang merusak kesehatan. Tempelkan stiker keterangan yang benar dan meyakinkan mengenai kualitas air minum di bagian luar galon. Lakukan promosi di dalam perumahan-perumahan dengan menyebarkan brosur dan sediakan layanan pesan antar.