6 Penyebab Rusaknya Harddisk Internal

6 Penyebab Rusaknya Harddisk Internal

Penyebab rusaknya harddisk internal diantaranya adalah cacat bawaan, gejala panas, kegagalan yang bersifat elektronik atau sentakan daya, kegagalan yang bersifat mekanis, kerusakan atau perubahan file dan kesalahan pengguna.

Bila Anda merasa bahwa file-file yang tersimpan di dalam folder-folder laptop itu merupakan data-data yang penting maka sebaiknya file-file tersebut di backup atau di copy di tempat penyimpanan yang lain seperti flashdisk atau hardisk eksternal. Karena hard disk internal tempat file-file penting tersebut berada dapat mengalami kerusakan sewaktu-waktu karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan menghapus file-file atau memformat harddisk atau karena sebab lain seperti tegangan listrik yang tidak stabil, serangan virus, kerusakan pada blok dan sektor hard disk, file-file sistem operasi yang korup dan lain-lain.

Penyebab Rusaknya Harddisk Internal

#1. Cacat bawaan pada firmware. Gejala : Harddisk tidak terdeteksi atau tidak dikenali oleh semua sistem. Sistem gagal melakukan booting atau proses booting berhenti di tengah jalan. Kejadian ini dapat terjadi pada harddisk yang baru yang memiliki cacat bawaan.

#2. Kipas CPU yang tidak berfungsi dengan baik sehingga suhu panas di ruang mainboard melebihi batas. Ini dapat memicu terjadinya crash pada hard disk internal yang ditandai dengan bunyi bising atau bunyi klik klik yang berasal dari hard disk.

#3. Tegangan power suply yang tidak stabil. Listrik tiba-tiba padam dan tiba-tiba menyala pada saat laptop sedang terhubung dengan sumber listrik atau power supply unit yang digunakan menghasilkan tegangan yang tidak stabil.

#4. Kegagalan internal mekanis dengan tanda-tanda hard disk mengeluarkan bunyi klik-klik atau bunyi bising, file-file dan folder-folder tidak dapat diakses, warna layar hitam dan gagal memulai sistem. Ini bisa jadi dikarenakan kerusakan pada blok dan sektor, komponen pemutar tidak berfungsi atau kerusakan pada mainboard hard disk.

#5. File-file sistem yang penting mengalami kerusakan. Ini bisa disebabkan karena memaksa melakukan shutdown pada saat ada program yang sedang berjalan atau sebab-sebab lain yang membuat laptop tiba-tiba mati pada saat laptop dalam keadaan digunakan.

#6. Kesalahan pengguna. Ini terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh pengguna seperti misalnya mengotak-atik sistem registry, merubah atribut dan lokasi file-file sistem, menginstall dengan cara yang salah dan lain-lain.

Berencana bili hard disk internal baru? berikut ini adalah beberapa pilihan hard disk internal :

Penyebab Rusaknya Harddisk Internal.